Sabtu, 10 Oktober 2009

KETIKA

Ketika saya melihat ramai sekali pemuda-pemudi kita berlomba lomba mencalonkan diri menjadi PNS, muncul pertanyaan “tidak sehat” saya dalam hati. “Kenapa sih mereka mau bersusah payah ngantri bahkan berdesak-desakan hanya untuk menjadi PNS?” Lalu, “Kenapa mayoritas diantara kita suka menjadi PNS?”

Jawaban dari pertanyaan ini tidak terjawab juga sampai akhirnya saya menemukan artikel di sebuah website (lupa website apa) yang kurang lebih menjelaskan bahwa Fenomena PNS adalah darah daging putra-putri negeri ini, dimana hampir setiap orang tua dari anak-anak bangsa ini menginginkan putra-putrinya berpenghidupan menjadi pegawai termasuk PNS.

Saat masih sekolah SMA, saya merasa durhaka kepada orang tua karena saya selalu menentang keinginan mereka agar saya nanti bisa menjadi PNS atau pegawai swasta.

Keinginan saya adalah bisa berwirausaha. Mungkin keniginan itu terlalu bermuluk-muluk bagi mereka, sehingga kami seringkali beradu argumentasi yang panas.

Melihat kondisi begitu banyaknya tingkat pengangguran dari sejak saat saya belum lulus sekolah hingga saat ini salahkah jika kita berkeinginan membuka lapangan usaha sendiri? Syukur-syukur bisa membuat beberapa orang kehilangan gelar pengangguran, walau hanya dengan usaha kecil-kecilan.

Semoga semakin banyak orang-orang memiliki ide segar membuka lapangan usaha! Karena hanya inilah solusi mengurangi pengangguran, buka lapangan kerja minimal untuk diri sendiri.

11 komentar:

pakacil mengatakan...

waaah, salut saya kalau memiliki komitmen kuat untuk berwirausaha.

semenjak sma dulu, saya juga memiliki niat demikian, tidak mau jadi PNS dan/atau menjadi karyawan, maunya wirausaha dan sedapat mungkin membantu kawan-kawan.

perlahan namun pasti, niat itu saya wujudkan dengan satu kata kunci, komitmen.

semoga sukses mas...

Aulawi Ahmad mengatakan...

Saya setuju sekali berwiraswasta bisa mengatasi masalah pengangguran...sayang sekali pemerintah kurang mendukung secara serius, memang sudah ada semacam koperasi pemerintah yang membantu modal para wirausahaan baru sekaligus pelatihannya...tapi aplikasinya tidak kelihatan sama sekali. Intinya untuk menjadi wiraswasta di negeri tercinta ini sangat amat tergantung dari keseriusan kita sendiri (modal, mental, pembelajaran). Saya setuju kata komentator diatas "pakacil" yaitu komitmen dan satu lagi adalah invovatif...Good luck Bro n succes 4 u...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

gak salah kok, justru bagus mau usaha sendiri dan buka lowongan kerja buat orang lain.

Cerita Tugu mengatakan...

ya...yang namanya cari kerja bukan di PNS aja,buka lapangan kerja sendiri itu juga lebih bagus

TRIMATRA mengatakan...

rame2 ingin jadi PNS???
-apakah pengangguranya yang ga mau wira usaha
-apakah pendidikannya yg ga bisa beri skill wirausha
-apakah situasinya yang sulit berwirausaha
-apakah pemerintahnya yg ga peduli dengan "calon2"wirausaha

akh....entahlah......

bocahbancar mengatakan...

Ya bgeitulah kenyataannya...
Namun, alhamdulillah, samnpai detik ini masih belum pengen jadi PNS>..

mocca_chi mengatakan...

kenapa ya... kr dri yg diliat liat kerjanya nyante dan cuman sebentar kali *malas mode.on*

Linda Belle mengatakan...

males bgt liat pns, udh kerjanya malak orang, gak pernah kerja lg dikantor huuh...

attayaya bertuah mengatakan...

memang kebanyakan orang tua di daerah menginginkan anaknya jadi PNS
plus tingkat lapangan kerja yang masih minim

berbondong2 tidak kelihatan di swasta karena penerimaannya yang bisa tiap bulan ato 2/3/4 bulan sekali, lagian lokasinya berbeda (khan perusahaan swasta banyak)

Anonim mengatakan...

kunci kehidupan adalah keseimbangan. gto kata temenku ,,, dia dah jd pns msh berwirausaha jg. bukan serakah katanya, tp pintar2lah memanfaatkan hidup yang diberikan agar menjadi manusia yang bermanfaat. saya cuma geleng2 kepala

Unknown mengatakan...

tidak salah kok kalo mo buka usaha. kan bisa menampung tenaga kerja.