Rabu, 01 Juli 2009

MISTERI


Coba perhatikan baik-baik, menurut anda kira-kira gambar apa yang berwarna putih dan mendominasi foto di atas?


 

Saya tidak hendak membuat isyu atau sekedar iseng dan sensasi kacangan semacam berita-berita media massa yang berkedok infotainment tapi sebenarnya adalah gossip murahan yang dijual bebas, semacam kisah cinta Manohara, isyu selingkuhnya Rosa dengan Pasya Ungu, bentrok dalam rumah tangga Cici Paramida, foto bugil artis dan sebagainya.


 

Apalagi kini sedang panas-panasnya suhu perpolitikan negeri ini yang beberapa hari lagi akan segera melaksanakan Pemilu Presiden. Pastilah banyak isyu-isyu yang terhembus untuk saling menyerang di kalangan para pengikut capres.


 

Kembali kepada foto yang sengaja saya posting ini. Sebelumnya akan saya perjelas, bahwa meskipun profesi saya sebagai tukang foto dengan sedikit memiliki kemampuan mengolah gambar menggunakan Adobe Photoshop, tapi saya benar-benar tidak berpartisipasi mengolah foto tersebut sehingga menjadi demikian.


 

Foto itu asli. Saya mendapatkannya dari seorang pelanggan yang selalu menggunakan jasa cetak foto dari home studio saya. Hari itu, Selasa 30 Juni 2009 seperti biasa ia datang untuk mencetak gambar dari HP-nya.


 

Gambar itu diambil menggunakan HP merk Nokia 6680 pada Hari Senin Malam di Desa Tirtoasri Kec. Tempurejo Kab. Jember Jawa Timur. Desa ini terletak kurang lebih 10 km ke arah timur dari desa saya.


 

Menurut keterangan pemilik HP, foto tersebut diambil ketika ada acara lepas pisah sebuah sekolah di desa itu. Di sekitar tempat berlangsungnya acara perpisahan ada sebuah surau kecil, di sanalah gambar itu diabadikan.


 

Masih menurut pemilik foto itu, 3 anak yang siap menampilkan tari-tarian meminta kerabatnya untuk merekam gambar dan ada 3 buah media digunakan untuk berfoto, 1 kamera digital, 2 yang lain adalah HP berkamera dengan merk yang berbeda. Salah satu hasilnya adalah foto di atas.


 

Hasil pengambilan foto dari 3 media yang berbeda itu mendapatkan gambar yang serupa. Dan inilah yang membuat gempar malam itu. Hingga acara perpisahan yang seharusnya meriah menjadi kalang kabut dan terhenti di tengah jalan. Penonton dan undangan berhamburan pergi dari lokasi. Hampir semua orang ketakutan.


 

Menurut pemilik hand phone gambar putih itu adalah gambar POCONG.


 

Ketika tulisan ini saya buat saya belum mengklarifikasikannya secara detail mengenai kejadian tersebut. Bahkan saya gagal mendapatkan 2 foto dari media yang lain. Mungkin sudah terhapus karena ketakutan.

13 komentar:

Kabasaran Soultan mengatakan...

Seram juga ya .

Cerita Tugu mengatakan...

aduh mas apa hantu bisa di foto,atau mungkin itu sebuah pantulan sinar lampu

Tukang Komen mengatakan...

- Primary Image
Manufacturer = Nokia
Model = 6680
Orientation = The 0th row is at the visual top of the image and the 0th column is at the visual left-hand side
X Resolution = 300
Y Resolution = 300
Resolution Unit = Inches
YCbCr Positioning = Centered
- Exif Specific
Exposure Time = 1057/7890 sec [0.134]
F Number = 16/5 [3.200]
ISO Speed Ratings = 1000
Exif Version = 0220
Original Create Time = 2009:06:26 18:19:01
Digitalization Time = 2009:06:26 18:19:01
Components Configuration = YCbCr
Shutter Speed Value = 29/10 [2.900]
Aperture Value = 84/25 [3.360]
Light Source = Unknown
Flash = Flash fired
Focal Length = 4.50 mm
Flashpix Version = 0100
Color Space = sRGB
X Dimension (Pixel) = 640
Y Dimension (Pixel) = 480
Rendered by Customer = Normal process
Exposure Mode = Automatic exposure
White Balance = Automatic white balance
Digital Zoom Ratio = 1
Scene Capture Type = Standard
Gain Control = High gain up

data diatas adalah metadata dari foto itu mas, disitu dijelaskan bahwa flash fired, kemungkinan yang terjadi adalah pantulan dari LED Flash yg dimiliki oleh Nokia 6680 saat memfoto, ada serangga kecil atau obyek tertentu yang tiba-tiba lewat begitu dekat dengan lensa dan LEDFlash sehingga terjadi pantulan cahaya seperti itu (karena saya sering juga mengalaminya)

Tukang Komen mengatakan...

Jadi menurut saya, sungguh sayang sebuah perayaan yang sudah dipersiapkan dengan matang jadi bubar hanya karena sebuah foto, bayangkan energi yang telah terbuang percuma.

RCO mengatakan...

@ Tukang Komen : Thank's atas masukannya. Sengaja saya tidak mengubah meta data agar ada orang yang bisa menelitinya. Syukurlah kalau ada penjelasan secara ilmiah, terus terang saya juga tidak percaya apalagi sebelum melihat 2 hasil jepretan dari media yang lain itu.

JengSRI.Com mengatakan...

bisa jadi pantulan cahaya dari kamera bang

attayaya mengatakan...

yup banyak kejadian aneh seperti ini
semoga semua bisa berbesar hati
bahwa kita hidup tidak sendiri di alam ini

antaresa mengatakan...

kasihan ya sekolah yang ngadain acara perpisahan itu, acaranya jadi berantakan gara-gara itu.

btw mas tukang komen hebat ya... bisa nganalisa yang kaya gitu, kalo aku sih mana mungkin bisa, kalo memang itu bener xxxx, hii....serem,

J O N K mengatakan...

wah gambar apa ya ?

tetap hajar terussss keywordnya hehehehhee

Newsoul mengatakan...

Hehe, inilah contoh kalau kita melihat sekedar dengan mata, lalu ditambah dengan perasaan. Saya suka penjelasan Tukang Komen. Apapun bs terjadi bung Rco, tp ttp harus rasional, katanya.

accan mengatakan...

wah,,, perpisahannya pasti menjadi pengalaman seumur hidup tentang kejadian itu.. :)

guskar mengatakan...

foto itu klo jatuh ke meja redaksi majalah misteri, bisa2 jd bahan diskusi hangat para ahli klenik

zenteguh mengatakan...

sebelum baca coment tukang komen tak pikir pocong juga mas....syukurlah kalo cuma serangga :D